Ika Purnama Turut Meriahkan Syukuran Adat Guar Bumi di Desa Pasirmalati

 


majalengka.pks.id - Adat Guar Bumi yang berarti merawat dan melestarikan alam sudah menjadi agenda tahunan warga Desa Pasirmalati, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka.

Pada tahun ini (21/10/21), Ika Purnama Alam S.Pd.I.M.Ag sebagai Anggota DPR komisi IV kabupaten Majalengka berkesempatan turut meriahkan acara adat tahunan tersebut, dengan beberapa tokoh masyarakat lainnya seperti Camat, Bhabinkamtibmas, Babinsa, ketua karang taruna, dan pembina. Selain itu, dihadiri juga oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Pesona Alam Promosi Wisata Budaya.

Masyarakat sangat antusias dalam menyambut dan menyusun Guar Bumi ini. Susunan kegiatan tersebut di antaranya : Doa dan Tahlil Akbar; Napak Tilas Sejarah Buyut Bitung Gulung Desa; Elaran dan Ritual Syukuran Adat Guar Bumi dengan gelaran tradisi sedekah bumi dan tawur; serta karnaval dondang.

Daerah yang menjadi titik konsentrasi dalam kegiatan tersebut, ialah makam buyut Bitung Gulung, Hulu Dayeuh, dan Alun-Alun Desa Pasirmalati.

 

 

Baca Juga : PKS Adakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Majalengka


 

Dalam memberikan dukungan, Ika Purnama menyampaikan kepada masyarakat "Subtansi Guar bumi adalah silaturahmi, besedekah dan berdoa.

Bersilaturahmi antar masyarakat, masyarakat dengan pemerintah desa, masyarakat dengan muspika.

Bersedekah, setiap individu masyarakat membawa nasi tumpeng atau nasi kuning plus dengan teman nasinya untuk di makan bersama-sama.

Berdoa, Berharap proses betani dimudahkan, hasil yang baik dan berlimpah, berkah." (marwah/humas)

 

Sumber : Respublika

 

0 Response to "Ika Purnama Turut Meriahkan Syukuran Adat Guar Bumi di Desa Pasirmalati"

Posting Komentar