PKS Adakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Majalengka

 


majalengka.pks.id - Zaman sekarang, rasanya sudah tidak  ada alasan lagi buat tidak menerapkan gaya hidup sehat, karena seperti yang kita rasakan saat ini, majunya teknologi semakin memudahkan kita untuk mengakses bagaimana cara hidup sehat dan cara menghindari berbagai macam penyakit.

Seperti yang disampaikan oleh Dr. Netty Prasetiyani, M.Si. Komisi IX DPR RI Fraksi PKS, beliau juga adalah Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial DPP PKS dan dr. Regina Tiolina Sidjabat, M.Epid, selaku Koordinator Hepatitis & PISP dalam kegiatan Germas yang diadakan di Hotel Putra Jaya, Majalengka, Jawa Barat pada tanggal 16 Oktober 2021.




 

Bahwa "salah satu bagian dari arti germas sebagai gerakan masyarakat hidup sehat adalah dengan lebih baik dalam mengelola kesehatan. Diantaranya adalah  melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, tidak merokok, melakukan cek kesehatan secara rutin tidak hanya datang ke rumah sakit atau puskesmas ketika sakit saja, dan menjaga kebersihan lingkungan." Jelas Dr. Netty Prasetiyani, M.Si.

Langkah ini memiliki manfaat untuk dapat memudahkan mendeteksi penyakit atau masalah kesehatan lebih dini. Misalnya, cek kesehatan berat badan (BB) dan tinggi badan (TB) secara rutin, cek tekanan darah, cek kadar gula darah berkala, dan cek Hepatitis.


dr. Regina Tiolina Sidjabat, M.Epid, juga menyebutkan bahwa Hepatitis B adalah yang paling parah, namun saat ini sudah ada vaksin untuk Hepatitis B. Karena Hepatitis ini adalah penyakit yang mudah menular sehingga harus bisa menerapkan gaya hidup sehat seperti, menggunakan jamban bersih karena aspek sanitasi menjadi bagian penting dari gerakan masyarakat hidup sehat, salah satunya dengan menggunakan jamban sebagai sarana pembuangan kotoran. Aktivitas buang kotoran di luar jamban dapat meningkatkan resiko penularan berbagai jenis penyakit sekaligus menurunkan kualitas lingkungan.


Dengan adanya sosialisasi Germas yang disampaikan oleh Dr. Netty Prasetiyani, M.Si. dan KemenKes. Masyarakat Kabupaten Majalengka sangat berterimakasih atas penyadaran bagaimana sehat itu dimulai dari diri sendiri. -humas

0 Response to "PKS Adakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Majalengka "

Posting Komentar