Pengamat: Aher Berpeluang Besar Saingi Jokowi


JAKARTA - Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia (UI) telah melakukan survei untuk memilih tokoh-tokoh muda untuk menjadi saingan terberat Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) jika maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang.

Di antara 12 tokoh muda, salah satunya adalah Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan yang dianggap memiliki kans besar menyaingi Jokowi.

"Dibandingkan dengan calon-calon tokoh muda ini, dia (Ahmad Heryawan) yang memiliki tawar-menawar yang tinggi dari partainya (Partai Keadilan Sejahtera)," kata Ketua Laboratorium Psikologi Politik UI, Hamdi Muluk dalam acara jumpa pers di Jakarta, Ahad (29/12).

Hamdi memaparkan Ahmad Heryawan terpilih sebagai salah satu dari 12 tokoh muda yang diprediksi akan menjadi saingan berat Jokowi berdasarkan hasil seleksi tahap pertama dari para pakar dan ahli.  Namun pada tahap kedua yaitu opini dari 61 orang pakar dan ahli, hasil yang diraih tokoh Islam yang kerap disapa Aher ini memang kurang menggembirakan dibanding 11 tokoh muda lainnya.

Dari sembilan dimensi penilaian, Aher berada di urutan terbawah seperti dari segi penilaian visioner, kepemimpinan hingga kemampuan politiknya.

Hasil lebih baik diraih Aher pada penilaian dari segi stabilitas emosi yang menempati posisi 10 dengan nilai 5,9. Tokoh yang paling buruk dalam penilaian ini adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama yang meraih nilai 5,7.

"Dulu, tujuh bulan sebelum Pilkada DKI Jakarta, banyak orang juga meragukan apakah Jokowi dapat mengalahkan Foke (mantan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo) dan ternyata Jokowi bisa. Jadi (Aher) tidak perlu berkecil hati," jelasnya. [rol]

*HrS*