Ika Purnama Alam, S.Pd.I., M.Ag. Anggota DPRD Majalengka Fraksi PKS Tinjau Kondisi Tanggul BBWS Yang Dikeluhkan Warga Desa Karanganyar

 

Ika Purnama Alam Bersama Warga Desa Karanganyar
Tinjau Kondisi Terkini Abrasi Tanggul Cimanuk (23/12/22).

Majalengka - Anggota DPRD Kabupaten Majalengka dari Fraksi PKS. Ika Purnama Alam, S.Pd.I., M.Ag. hari ini sabtu (24/12/2022) melaksanakan giat kunjungan silaturahmi bersama warga Desa Karanganyar, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka Jawa-Barat.

Hal tersebut dilaksanakan Ika Purnama Alam. guna meninjau kondisi tanggul bantaran sungai yang kondisinya dikeluhkan warga selama ini.

Sebelumnya warga Desa Karanganyar, Kecamatan Dawuan. menyampaikan keluhannya pada Anggota DPRD dari Fraksi PKS. Ika Purnama Alam. terkait kondisi tanggul sungai BBWS yang kian hari kian memprihatinkan.

Menurut penuturan salah seorang tokoh masyarakat Desa Karanganyar, Odi Rodiana. bukan tanpa alasan kekhawatiran warga Karanganyar yang selama ini merasa was-was jika sewaktu-waktu tanggul yang menjadi penahan aliran sungai BBWS jebol mengingat saat ini kondisi tanggul yang kian tergerus arus sungai dan mengakibatkan abrasi hingga badan tanggul pun sebagian sudah longsor. Masih menurut Odi, beberapa tahun yang lalu kondisi bantaran tanggul beberapa puluh meter dari bibir sungai masih utuh, namun kini bantaran tanggul sudah tak tersisa lagi tergerus aliran sungai. Bahkan lebih parahnya lagi saat datang musim penghujan tahun ini badan tanggul longsor di beberapa titik akibat abrasi.

“Kami para warga sangat berharap terutama pada wakil kami anggota DPRD yang saat ini berkesempatan meninjau langsung kondisi tanggul yang rusak, diharapkan beliau bisa membantu menyampaikan aspirasi kami para warga pada pihak terkait agar segera ada solusi dan penanganan yang serius untuk memperbaiki tanggul yang hampir jebol ini”, harapnya.

Disela-sela kunjungan giatnya, Anggota DPRD dari Fraksi PKS tersebut mengungkapkan rasa keprihatannya saat melihat langsung kondisi tanggul yang kondisinya rusak di beberapa titik akibat tergerus aliran sungai, menurut Ika Purnama Alam. dari beberapa titik kerusakan yang paling parah berada di blok area Kudamati Desa Karanganyar, Kecamatan Dawuan yang berbatasan langsung dengan Desa Panongan, Kecamatan Jatitujuh. di lokasi tersebut badan tanggul lebarnya kini tersisa tak lebih dari 2meter akibat abrasi.

“Kondisi tanggul ini sangat memprihatinkan, secepatnya harus ada penangan serius dari pemerintah, mengingat resikonya sangat riskan jika tanggul ini jebol dan air sungai meluap bukan hanya Desa Karanganyar yang bakal terkena banjir akan tetapi Desa-Desa sekitarnya juga akan terkena imbasnya dan itu artinya dua Kecamatan rawan bencana banjir”, tukasnya.

Lebih lanjut Ika Purnama Alam berjanji, akan memperjuangkan dan membawa aspirasi warga Desa Karanganyar melalui Fraksi PKS dari semua tingkatan mulai DPRD Kabupaten, Provinsi serta DPRD Pusatdi DPRD Majalengka. agar segera ada penanganan serius dari Pemerintah.

“Saya selaku wakil masyarakat meminta pada Pemerintah serta pihak terkait agar bisa segera langkah-langkah penanggulangan tanggul yang rusak ini, sehingga hal-hal yang tak diinginkan bisa dihindari”, imbuh Ika.

Sementara itu Kepala Desa Karanganyar. H. Miri Damiri. saat dikonfirmasi melalui sambungan telpon membenarkan perihal kondisi tanggul sungai BBWS yang dikeluhkan warganya tersebut, senada dengan apa yang disampaikan Ika Purnama Alam. Anggota DPRD Majalengka dari Fraksi PKS. Miri pun mengatakan perbaikan tanggul yang berada di wilayahnya sudah sangat mendesak mengingat saat ini merupakan musim penghujan, ia khawatir jika dibiarkan berlarut-larut tanggul akan jebol karena tak kuat menahan lagi arus sungai.

“Saya selaku Kades Karanganyar mengucapkan terimakasih pada Anggota DPRD dari fraksi PKS yang telah peduli dan mau turun langsung meninjau serta menyerap aspirasi dari warga Desa Karanganyar ini, tentunya kami berharap pada pihak terkait agar bisa segera memperbaiki tanggul yang hampir jebol ini”, pungkas Miri. (red)


0 Response to "Ika Purnama Alam, S.Pd.I., M.Ag. Anggota DPRD Majalengka Fraksi PKS Tinjau Kondisi Tanggul BBWS Yang Dikeluhkan Warga Desa Karanganyar"

Posting Komentar