H. Dedi Rasidi Hadiri Buku Tahun Ngabaliung Desa Cipasung-Lemahsugih

H. Dedi Rasidi Menghadiri Buku Tahun Ngabaliung
Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih

 Majalengka - Buku Taun Ngabaliung merupakan tradisi yang sudah dilaksanakan turun-temurun di masyarakat Desa Cipasung, Lemahsugih.

Dihadiri oleh Ketua Fraksi PKS DPRD Majalengka H. Dedi Rasidi, anggota DPRD fpdip, Pak Sekda, Camat Lemahsugih, para Kepala Desa Se-Lemahsugih dan masyarakat yang membawa cacadan (alat untuk membuat baliung) yang sudah turun-temurun dan membawa memeron untuk hasil bumi menuju lokasi acara puncak.

Acara ini merupakan syukuran hari jadi desa serta syukuran atas melimpahnya hasil bumi yang disebut juga ngabaliung atau ngalaksa.

Acara tersebut diawali dengan pembacaan Al-Quran dan khadorah. Dilanjut acara inti ngalaksa atau ngabaliung, yaitu membuat makanan yang terbuat dari tepung beras. Dibuat khusus untuk acara ini oleh perempuan yang belum menikah ataupun ibu-ibu.

Di mana baliung dimasukkan ke dalam cacadan yang ditekan oleh kayu serta diikat ke bambu dengan tali yang ditekan secara beramai-ramai oleh masyarakat sambil dilantunkan shalawatan diiringi musik gembyung.


Dedi Rasidi mengapresiasi dan memiliki harapan agar event budaya buku tahun bisa menjadi ikon dan wisata budaya di Majalengka. Karena warisan budaya ini tergolong unik, dapat mengenalkan wisata lokal di lemahsugih serta dapat mempererat kebersamaan antar masyarakat. (Humas)

0 Response to "H. Dedi Rasidi Hadiri Buku Tahun Ngabaliung Desa Cipasung-Lemahsugih"

Posting Komentar