Seleksi Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Kabupaten Majalengka

 

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Fraksi PKS mengadakan Lomba Baca Kitab Kuning sebagai bentuk komitmen untuk memperjuangkan pendidikan umat.

BPU DPD PKS Kabupaten Majalengka, dalam hal ini sebagai panitia penyelenggara kegiatan Seleksi Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) Tingkat Kabupaten. Lomba ini diikuti oleh perwakilan setiap Pondok Pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka.

Ketua Fraksi PKS Majalengka Dedi Rasidi dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Majalengka Dhora Darojatin turut hadir dalam kegiatan seleksi LBKK ini pada Ahad (28/11/2021) di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Majalengka.

Ket: Para Juri Lomba Baca Kitab Kuning

Adapun teknis Seleksi Lomba Baca Kitab Kuning yaitu:

1. Peserta mengambil nomor urut peserta secara acak melalui undian;

2. Peserta dipanggil kembali untuk memulai seleksi sesuai dengan nomor urut;

3. Peserta mengambil soal secara acak kemudian diberikan kepada panitia dan soal tersebut berbentuk halaman dan pasal-pasal yang ada dalam kitab Fathul Mu'in karangan Syekh Zainuddin bin Abdul Aziz bin Zainuddin Al-Malabari;

4. Peserta hanya diberikan waktu 10 menit dengan ketentuan 5 menit pertama peserta akan membacakan kitab sesuai dengan soal yang tadi, 3 menit berikutnya peserta akan menjelaskan maksud dari apa yang mereka baca kemudian di 2 menit terakhir peserta akan melakukan tanya jawab yang diajukan oleh juri.

Aspek yang dinilai dari para peserta yaitu Tata Bahasa Arab, penguasaan kaidah-kaidah Ilmu Nahwu dan Shorof, kelancaran membaca kitab, kemudian pemahaman teks kitab kuning. Selain itu, peserta yang memiliki adab dan penampilan baik, merka akan mendapat penambahan penilaian.

"Secara pribadi, saya menginginkan peserta yang sudah mahir menguasai Nahwu Shorof, yang pemahamannya serta ilmu fiqihnya mendalam, fisik juga ikut menunjang, penampilannya meyakinkan tidak ragu-ragu, serta suara dalam penyampaian orasinya juga menarik. Sehingga bisa menjual di masyarakat dalam dakwah Kitab Kuning tersebut." Ujar KH. Shofwan Maulana salah satu Dewan Juri LBKK Tingkat Kabupaten dari Pondok Pesantren Santi Asromo Majalengka.

Seleksi LBKK yang diinstruksikan DPP PKS ini, bertujuan untuk mencari peserta Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Nasional. Untuk wilayah Majalengka sendiri, tahun ini diikuti oleh 23 pendaftar dengan rincian 19 peserta putra dan 4 peserta putri.

Ket: Peserta Pemenang Lomba Baca Kitab Kuning

Berikut nama-nama yang berhasil meraih juaranya:

JUARA 1️

Nama lengkap :  Miftah Z A

Usia : 20

Asal lembaga : Pondok Pesantren Mansyaul Huda

 

Juara 2️

Nama lengkap :Moch Azmi Maulana Murobbi

Usia : 21 thn

Asal lembaga : Ponpes Darul Muta'alimin Cikasarung Majalengka


JUARA 3️

Nama lengkap :  Muhammad Naufal Baqir

Usia : 16 Tahun

Asal lembaga : Pesantren Al Madani Cikalong

 


Ket: Foto Bersama Peserta Lomba Baca Kitab Kuning

"Acara rutin tahunan ini dimaksudkan untuk lebih mensyiarkan kitab kuning pada masyarakat. Dalam hal ini PKS bekerjasama dengan Pondok Pesantren untuk menghidupkan kembali Kajian Kitab Kuning yang mungkin dimasyarakat sudah jarang digunakan sebagai bahan pembelajaran. Padahal Kitab Kuning ini merupakan pedoman dalam kehidupan, seperti Illmu Fiqih, Ilmu Bahasa Arab dan Ilmu lain-lainnya. Oleh karena itu, kita coba menghidupkan kembali semangat untuk mengkaji kitab-kitab karangan para ulama terdahulu." Tutur Ketua Pelaksana Mefi Hanafi.

Acara ini juga sebagai salah satu jalan PKS untuk mempererat tali silaturahim antar pondok pesantren di Majalengka dan upaya untuk mengambil dukungan dari pihak pesantren itu sendiri. (humas)

0 Response to "Seleksi Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Kabupaten Majalengka"

Posting Komentar