KORBAN TERUS BERTAMBAH, INILAH SOLUSI PKS DALAM PERCEPATAN DAN TATA LAKSANA COVID-19!

 

Foto : Rapat virtual stake holder daerah tentang percepatan
dan tata laksana covid-19 di Majalengka

Majalengka– Dalam rangka percepatan dan penatalaksanaan covid-19 di Kabupaten Majalengka, gabungan komisi 3 dan komisi 4 DPRD Kabupaten Majalengka menggelar rapat virtual dengan berbagai stake holder daerah. Rapat ini  dilaksanakan secara daring, karena masih dalam kondisi WFH (Work from Home)  pada Rabu, 5 Juli 2021 pukul 13.00 – 17.30 WIB.

Rapat bersama satgas ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan informasi terkini, rencana dan grand desain satgas mengahadapi lonjakan kasus covid-19 di Majalengka. Termasuk evaluasi terhadap intruksi bupati mengenai PPKM darurat tanggal 3-20 Juli 2021.

Rapat virtual tersebut dihadiri oleh Deni Koharudin dari Komisi 3 Fraksi PKS, Komisi 4, Wakil Ketua 2 H. Asep Eka Mulyana, Wakil Ketua 3 Dhora Darojatin dari Fraksi PKS, Asda 1, Kalak BPBD, Sekretaris Satpol PP, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Cideres, Direktur RSUD Majalengka, Kepala Dinas Sosial dan seluruh Satgas Kecamatan.

Dari hasil rapat ditemukan beberapa masalah terkait lonjakan covid-19 diantaranya terbatasnya anggaran seperti adanya tenaga kesehatan yang belum mendapat insentif covid-19 dan  klaim BPJS dari sejak November 2020. Selain itu, pembiayaan pelayanan pasien covid-19 di puskesmas belum tercover, serta perlu adanya penambahan SDM pada sektor BPBD dan nakes.

Selanjutnya pelaksanaan intruksi bupati terkait PPKM darurat perlu sosialisasi, dipantau/dikawal pelaksanaannya, juga perlu evaluasi implementasinya. Agar mudah dan terarah perlu disiapkan penanggung jawab setiap diktum.

Menanggapi hal tersebut, Fraksi PKS DPRD Kabupaten Majalengka merekomendasikan beberapa hal diantaranya perlu membuat perencanaan anggaran prioritas penanganan covid-19 seluas-luasnya,  perkuat kembali penanganan dari hulu hingga hilir, segera penuhi insentif tenaga kesehatan, adakan pelatihan pemulasaraan jenazah untuk relawan di tiap desa dan kecamatan.

Rekomendasi berikutnya yaitu penambahan SDM di setiap sektor yang kurang serta terus kawal pelaksanaan intruksi bupati dengan pro-aktif melibatkan semua komponen pemerintahan, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Fraksi PKS DPRD Kabupaten Majalengka mangajak kepada seluruh masyarakat agar senantiasa kuatkan do'a, karena hanya kepada Allah SWT saja kita meminta dan hanya Dialah yang dapat memberi solusi terbaik. (Humas/Fraksi PKS Majalengka)

0 Response to "KORBAN TERUS BERTAMBAH, INILAH SOLUSI PKS DALAM PERCEPATAN DAN TATA LAKSANA COVID-19!"

Posting Komentar