Ingin Tambah Wawasan, Tim Media PKS Gelar Diskusi Penulisan Berita

MAJALENGKA – Tim media Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Majalengka menggelar diskusi tentang penulisan berita dengan menghadirkan narasumber praktisi media dari Jakarta, Bambang Hermawan, di kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) MajalengKa, Rabu petang (23/5).

“Ini dimaksudkan untuk menambah wawasan serta meningkatkan kapabilitas teman – teman anggota tim media,” kata Humas  PKS DPD Majalengka , Agus Khan.

Diskusi berlangsungkan dalam suasana santai,  sepuluh orang  peserta duduk lesehan di lantai beralaskan karpet. Sesekali meledak tawa, disela – sela interaksi antar narasumber dan para peserta.

Bambang antara lain  memaparkan unsuk – unsur yang harus dipenuhi dalam penulisan berita, struktur penulisan serta nilai berita.

“Menulis berita pada dasarnya sama dengan bercerita. Bedanya, ketika  bercerita kita bebas sesuka kita, sedangkan dalam membuat berita harus mengikuti kaidah – kaidah yang ada,” katanya.

Para peserta sangat antusias. Hal itu tampak dari beberapa pertanyaan mereka,  yang sudah ‘maju’ kedepan, misalnya soal subyektifitas dalam penulisan berita sampai masalah penggiringan opini narasumber berita.

Agus mengatakan, ke depan pihaknya berencana mengadakan diskusi serupa dengan materi yang sifatnya lebih teknis yakni praktek menulis berita.

Menurut Agus, PKS Majalengka telah memilik beberapa media, antara lain media online dan televisi. Namun pengelolaannya belum maksimal karena terkendala masalah sumber daya manusia.

 ”Baik secara  kuantitas mapun kualitas,” ujarnya. (*)