Nurhasan : "Siapkan SDM Sejak Dini Songsong Hadirnya BIJB"

MAJALENGKA, Anggota DPR-RI Dapil Jabar IX Partai Keadilan Sejahtera (PKS) H. Nurhasan Zaidi menilai masyarakat Majalengka saat ini masih belum siap secara SDM dalam menyambut hadirnya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kabupaten Majalengka yang akan beroperasi tahun 2018 mendatang.

Ia menghimbau hendaknya kesiapan SDM disiapkan sejak dini khususnya dari kader-kader PKS terlebih kader-kader PKS harus jadi spirit dalam mengambil peluang-peluang hadirnya BIJB di Majalengka.

Demikian dikatakannya di hadapan peserta Seminar Bisnis dalam Membedah Peluang dan Tantangan keberadaan BIJB bagi masyarakat Majalengka dan sekitarnya, Minggu ( 12/05) bertempat di Aula RM NERA bekerjasama dengan AGRE-CENT (pusat pelatihan dan pendidikan Agribisnis).

Dikatakannya, persoalan mendasar dalam menyambut hadirnya BIJB di Majalengka adalah Sumber Daya Manusia. Jangan sampai SDM lokal yang ada di Majalengka kalah saing dengan SDM-SDM yang ada di luarMajalengka.

"Jika kita lihat SDM yang ada saat ini belum siap. Maka saya berharap peluang-peluang dengan hadirnya BIJB ini tidak lepas dari warga lokal Majalengka dan jangan diambil oleh orang lain. Sementara dampak luas terkait pembangunan BIJB  Majalengka yang harus diantisigasi berupa mobilitas masyarakat yang tinggi, transformasi ekonomi yang cepat, persaingan segala sektor yang kuat, serta pembangunan infrastruktur berskala nasional," ungkapnya.

Oleh karena itu jelas H. Nurhasan ada beberapa hal yang harus jadi catatan penting kader-kader PKS yakni pola pembinaan masyarakat terkait keradaan BIJB. Pertama  persiapkan kualitas SDM terutama dari segi pendidikan, mentalitas dan kreativitas masyarakat.

"Yang terpenting saat ini adalah kesiapan SDM. Kader hendaknya fokus dengan berbagai profesi masing-masing serta mempersiapkan potensi-potensi yang ada di masyarakat. Dan jadikan kehadiran BIJB sebagai peluang dengan mempersiapkan potensi-potensi yang ada," paparnya.

Disamping mempersiapkan kualitas SDM sambung H. Nurhasan hal lain dalam menyambut hadirnya Bandara Internasional Jawa Barat adalah menyiapkan lembaga-lembaga pemberdayaan masyarakat disegala sektor baik ekonomi, sosial dan pendidikan.

"Selain itu pola pembinaan masyarakat Jawa Barat juga harus diarahkan pada lebijakan politik dan anggaran harua juga dikonsentrasikan kepada dua hal di ataa selain persiapan infrastruktur berskala nasional," terangnya. (Cha)