Para Calon Ajengan Muda, Sambut Baik Gebyar Lomba Baca Kitab Kuning

MAJALENGKA, - Puluhan peserta Lomba Baca Kitab Kuning Fathul Mu'in yang digelar DPD PKS Kabupaten Majalengka Rabu siang (13/4) bertempat di Aula Gedung Serba Guna (GSG) PKS Majalengka berlangsung khidmat, peserta yang mayoritas merupakan calon Ajengan Muda alias Santri utusan tiap pesantren tersebut secara antusias mengikuti lomba dengan para juri dari tiga pesantren terkenal yang ada di Kabupaten Majalengka.

Babak penyisihan Lomba Baca Kitab Kuning Fathul Mu'in yang pemenangnya akan langsung mewakili Kabupaten Majalengka di tingkat Provinsi Jawa Barat pada hari Kamis (14/4) dihadiri peserta yang mayoritasnya adalah santri laki-laki. Juri dari Ponpes Santi Asromo Kyai Sofwan, Ponpes Almadani KH. Endi Suhendi, MA dan Ponpes Tazkia Insani K.H Awwab Saefullah, Lc akan memberikan penilaian seputar Kaidah, Kelancaran Membaca, Penguasaan Materi dan penguasaan panggung.

Ketua Bidang Pembangunan Umat (BPU) DPD PKS Majalengka yang juga selaku Ketua panitia pelaksana kegiatan Lomba Baca Kitab Kuning Fathul Mu'in, Andi Suhandi, S.S.I mengatakan  acara yang juga merupakan rangkaian Milad PKS ke-18 menurutnya sebagai sarana digagasnya kembali generasi-generasi yang cinta warisan para Anbiya, dan Kitab Fathul Mu'in sebagai kitab yang digunakan peserta untuk dilombakan pada babak penyisihan lomba.

Dikatakan Andi, Lomba Baca Kitab Kuning untuk memeriahkan Milad PKS ke-18 tersebut berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Majalengka, mereka selama 10 menit akan membacakan kitab kuning dihadapan juri sekaligus mampu menterjemahkannya.

"Kita adalah generasi-generasi yang cinta warisan Anbiya, sehingga acara ini kami igagas untuk kembali mencintai ketradisian yang masih berlangaung di pesantren-pesantren. Semoga dari sekian peserta yang hadir, pemenangnya nanti akan maju ke tingkat Provinsi Jawa Barat  mewakili Kabupaten Majalengka esok yang digelar DPW PKS Provinsi Jawa Barat hingga nanti maju ke tingkat nasional." Papar Andi.

Disamping itu, selaku Ketua Pelaksana Gebyar Milad PKS ke-18, Andi juga menyatakan rangkaian gebyar milad selain Lomba Baca Kitab Kuning juga ada Senam Sehat Bugar Bareng PKS, Launching Sekolah Politik dan pada puncak Gebyar Milad PKS ke-18 tingkat DPD PKS Majalengka akan digelar lomba membuat Tumpeng atau Nasi Kuning.

Sementara itu Lomba Baca Kitab Kuning yang digelar dari pukul 12.30 WIB dan dihadiri Ketua DPD PKS Kab. Majalengka Asep Aminudin, S.Hut, Aleg DPRD Kab. Majalengka Deden Herdian Narayanto, SE, para Juri dan Peserta Lomba, maka berdasarkan penilaia juri, Juara Pertama diraih Fakhru Rijal, Juara II F. Irawan dan Juara III M, Idrus Jalaludin yang semuanya berasal dari Pondok Pesantren Nurul Barokah Desa Kancana Kec, Cikijing..

Mewakili salah satu Pondok Pesantren, Kiyai Endin Judin (40) selaku pengurus Pondok Pesantren Nurul Barokah, mengaku sangat mendukung kegiatan Lomba Baca Kitab Kuning yang digagas PKS dalam gebyar milad PKS ke-18. "Sangat bagus, dan kami sangat bangga kegiatan ini digelar sebuah partai. Sementara bagi pesantren ini ini bukan yang pertama, karena sudah beberapa kali mengikuti lomba Baca Kitab Kuning hingga tingkat Provinsi, bahkan tahun 2011 kami pernah mengirim delapan peserta dan tiga orang dari mereka semuanya juara pertama dalam kategori yang berbeda," pungkasnya. (Hms)