Kembangkan Wisata Perlu Dukungan Semua Sektor

Sektor pariwisata Jawa Barat sebagai salah satu potensi ekonomi masih menyimpan berbagai potensi yang sangat luar biasa untuk dikembangkan. Perlu sinergi seluruh sektor dalam mendukung dan memperbaiki potensi pariwaisata. Pembangunan yang terprogram dan sistematis dari seluruh aspek akan mendukung berkembangnya sebuah destinasi kawasasan pariwisata.

Bidang infrastruktur jalan yang luas dan mewadahi menuju obyek wisata menjadi sarana vital untuk mempermudah akses para tamu. Sarana transportasi udara, sarana jaringan sistem informasi dan teknologi  telekomunikasi juga menjadi sarana vital pada saat ini untuk memanjakan pengunjung domestik maupun manca negara.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Ridho Budiman Utama saat diwawancara beberapa waktu yang lalu dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Pangandaran. Lebih lanjut ia menambahkan, setelah infrastruktur diperbaiki, yang tidak kalah pentinganya adalah mempersiapkan pengembangan diri potensi masyarakat sekitar tempat pariwisata. Masyarakat yang berdomisili di sekitar obyek wisata harus mendapatkan edukasi pengembangan diri agar bisa berekspresi dalam bidang seni budaya secara kreatif, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis. Masyarakat harus dilibatkan secara aktif menjadi pelaku seni dan budaya lokal, pengrajin seni kreatif untuk cindera mata, pelaku usaha kuliner dan usaha pendukung lainnya.

Dengan melibatkan warga sekitar, maka potensi ini bisa menjadi salah satu ikon tersendiri bagi para tamu. “Warga sekitar harus menjadi pelaku bukan penonton kegiatan ekonomi pariwisata, agar kesejahteraannya meningkat”, imbuhnya.

Langkah berikutnya adalah membuat agenda seni dan kebudayaan dengan fasilitas gedung kesenian yang mewadahi dan dikelola secara profesional. Kegiatan seni budaya yang terencana disertai dengan strategi promosi yang tepat bersekala internasional akan berdampak pada kunjungan wisatawan yang lebih optimal. 

Memanfaatkan teknologi informasi dengan media online dan sosial media untuk promosi pariwisata juga perlu digalakkan.(*)