Menerima "Adhi Bhakti Tani", Aher Ungkap Petani Harus Sejahtera

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan kembali menerima penghargaan yang ke-144 berupa "Adhi Bhakti Tani". Dalam sambutannya Ahmad Heryawan mengajak kita semua untuk berfikir tentang ketahanan pertanian, Malang, (5/6).

"Tapi kita juga berfikir tentang ketahanan penghidupan petani, petani harus sejahtera," ungkap Aher sapaan Gubernur Jabar.

Ribuan hadirin pun terlihat gemuruh saat Aher memberikan sambutannya, Aher juga menambahkan petani harus memiliki ketahanan kehidupan melebihi bidang-bidang lainnya. Keberpihakan pada petani menurut beliau yang pertama adalah subsidi. Lalu yang kedua adalah sumber kemakmuran adalah pengetahuan, teknologi dan lahan.

"Di Jabar bagian selatan kita buka lahan pertanian baru, sebagai kifarat," lanjut Aher di depan ribuan petani & nelayan yg menggelarinya "Gubernur paling pro petani".

Menurutnya itulah bentuk taubat atas alih fungsinya lahan pertanian Jabar di bagian utara. Aher menegaskan, pemerintah kedepan perlu membuka 5 juta Hektar lahan baru di Sumatra, Sulawesi dan Irian. Beliau mengajak kita agar tidak boleh berfikir bahwa industri itu hanya di pabrik.

"Pertanian, perkebunan, perikanan harus dipersepsi menjadi industri yang menyejahterakan," jelasnya. [hs/pksciktim.org]