Dari Depan Buckingham di London dukungan ke Prabowo-Hatta dicanangkan


London (23/6)  – Beberapa paguyuban pendukung Calon Presiden - Calon Wakil Presiden Prabowo-Hatta dan kader-kader serta simpatisan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Inggris Raya mendeklarasikan dukungan untuk pasangan nomor 1 tersebut. Deklarasi mengambil tempat di gerbang kediaman resmi Ratu Inggris, Ratu Elizabeth II, Istana Buckingham, London, pada Minggu  (22/6).

Sebelum dukungan dicanangkan, para peserta yang mengenakan kaus dan kemeja putih berjalan dari Trafalgar Square, menyusuri Pall Mall dan kemudian menggelar aksi serta berfoto bersama di depan Istana Buckingham.

"Deklarasi mendukung Prabowo-Hatta oleh warga Indonesia di Inggris ini adalah wujud dari rasa cinta yang sangat besar kepada Indonesia,” ujar Hendri Lucky, Ketua Pusat Informasi dan Pelayanan Partai Keadilan Sejahtera (PIP PKS) Inggris, di sela-sela deklarasi.

“Ada beberapa elemen atau komunitas warga Indonesia yang ikut deklarasi dukungan ke Prabowo-Hatta, yang bisa dianggap sebagai simbol kebersamaan, simbol perjuangan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik,” papar Hendri.

Beberapa komunitas yang bergabung di deklarasi dukungan untuk Prabowo-Hatta di Inggris Raya di antaranya adalah Gema Indonesia dan Sayap Aktivis Gerakan 98 Bangkit.

Cynthia Hapsari, salah satu pegiat di komunitas pendukung Prabowo-Hatta mengatakan sebagai warga negara Indonesia, ia dan kawan-kawannya ingin melihat Indonesia dihormati oleh negara-negara lain.

“Kalau misalnya Pak Prabowo diberi amanat atau kepercayaan untuk memimpin Indonesia, kami yakin dan percaya Indonesia akan dihormati dan disegani oleh bangsa atau negara-negara lain,” ujar Cynthia.

Hendri Lucky menambahkan Prabowo-Hatta layak dipilih karena berkomitmen untuk mengedepankan kepentingan rakyat dan mensejahterakan rakyat dengan menjaga sumber daya alam untuk sebesar-besarnya kepentingan rakyat.

Deklarasi di Trafalgar Square dan depan Istana Buckingham ini juga menarik perhatian turis yang memadati pusat kota London. Sebagian dari mereka bertanya-tanya tentang ramainya deklarasi ini.

Beberapa di antaranya ikut mengabadikan aksi peserta saat berdiri dan memegang tiga spanduk dukungan tepat di depan salah satu pintu gerbang Istana Buckingham.

Mereka maklum setelah dijelaskan bahwa acara ini untuk mendukung Prabowo-Hatta salah satu peserta pemilihan presiden Indonesia pada 9 Juli.

London sendiri bukan kota yang asing bagi Prabowo.

Ia menghabiskan masa remajanya di ibukota Inggris ini pada 1966 hingga 1969 saat bersekolah di  SMA American School.

Hendri menjelaskan London menjadi kota terbaru yang menjadi arena deklarasi. Aksi dukungan untuk Prabowo-Hatta sebelumnya sudah digelar di Leicester dan Manchester, dengan mengambil tempat di depan stadion Manchester United dan Manchester City.

Sumber: Humas PIP PKS Inggris / pks.or.id