Ahmad Heryawan: Potensi Air Terbesar Kita Bisa Menjadi Macan Asia

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan berharap Indonesia akan menjadi Macan Asia karena potensi air tawar terbesar dunia ada di Indonesia.

"InsyaAllah dengan begitu Indonesia akan menjadi macan asia! Potensi air tawar terbesar ada di Indonesia. Air laut juga demikian..." tegas Ahmad Heryawan dalam sambutannya di acara Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional di Malang, (5/6).


Ahmad Heryawan prihatin, pada 11 Januari 2011 nelayan China melelang tuna blue fin seharga 3,5 Milyar yang berasal dari perairan Indonesia. Mereka mendapatkan ikan-ikan tersebut karena memiliki kapal bermuatan 10 Giga Ton.

"Kita negeri maritim tapi tidak punya seperti itu, perahu nelayan kita kecil..." ungkap Ahmad Heryawan.

Gubernur Jabar yang juga di sapa Aher ini pun menjelaskan bahwa pemimpin yang pro petani dan nelayan, telah menyelesaikan 40% masalah di Indonesia. Oleh sebab itu beliau berharap kepada para masyarakat agar memilih pemimpin yang pro petani dan nelayan.

"Apapun alasannya kita tak boleh impor cabe, biar saja harga cabe tinggi, cabe itu dari petani kita, kalau harga harga barang pertanian bagus, petani senang!!" tambahnya.

Aher juga memberikan perumpamaan dalam bahasa sunda, di Jabar mereka bilang "pangaos nuju sae" yang artinya "kalau mereka sejahtera mereka akan belanja". Karena belanja barang-barang yang non pertanian seperti, sepatu, kain dan seterusnya, mereka akan merasakan manfaatnya juga.

"Kelaparan ga kalau ga ada cabe? Tidak! Oleh karena itu cabe bukan barang elastis" ungkap Aher.

Beliau juga membandingkan dengan beras, karena jika harga beras mahal maka kelaparan akan terjadi. Oleh karena itu Aher mengajak kita harus terus mengkontrol harga beras. Mendapatkan penghargaan "Adhi Bhakti Tani", Aher mulai dan terus berfikir. Baginya untuk siapa sebenarnya penghargaan tersebut. Sabtu lusa pun Aher kembali mendapatkan satya lencana. Baginya pemimpin itu hanya berfikir sedikit dan membuat kebijakan.

"Sesungguhnya penghargaan penghargaan ini adalah untuk para petani yg langsung bekerja keras!!" lanjut Aher.

Baginya mengenai ekspor bahan mentah, Aher beranggapan justru kita sedang mengekspor kerja rakyat.

"Artinya itu juga mengekspor kesejahteraan rakyat. Kita harus buat industri hulu hilir secara paripurna" paparnya.

Aher juga berharap apabila Jawa Barat dan Jawa Timur bersatu, macan asia akan segera terwujud.

"Kalau Jawa Barat dan Jawa Timur bersatu, dengan pakde Karwo, macan asia ini insyaAllah akan mudah terwujud!!" pungkasnya. [hs/pksciktim.org]