Aher, "Hidupkan Kembali Budaya Minum Teh"

BANDUNG, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menghadiri Pertemuan Pengembangan Teh Tahun 2014, di Hotel Horison Bandung, Kamis (24/4). Acara yang memiliki tema “Kebangkitan Teh Rakyat Menjadi Titik Tolak Kekuatan Agribisnis Teh Nasional” ini bertujuan untuk mencanangkan kebangkitan komoditi teh di Indonesia, yang bergantung pada Jawa Barat.

75% komoditi teh Indonesia yang diekspor ke luar negeri berasal dari perkebunan teh di Jawa Barat.

Dalam sambutannya Aher menuturkan keinginannya untuk menghidupkan kembali budaya minum teh. Untuk itu, Aher meminta Pengurus Dewan Teh, yang baru saja dikukuhkan, agar dapat mensosialisasikan budaya minum teh lewat media iklan.

Aher juga mengajak masyarakat untuk menghargai para petani dalam 2 harga, yaitu harga ekonomi dan harga kehidupan, agar tidak mengalami kekurangan pangan akibat tidak ada lagi petani yang bertahan. Harga kehidupan yang baik dapat mendorong harga ekonomi yang terkendali.

Selain Gubernur Jawa Barat, acara juga dihadiri oleh Direktur Jendral Perkebunan Kementrian Pertanian Gamal Nasir, Ketua Dewan Teh Indonesia Rachmat Badruddin, Direksi PTPN VIII, dan Ketua GPPI. Pada acara ini dilakukan juga Pengukuhan Pengurus Dewan Teh Indonesia Periode 2013-2017, oleh Diektur Jenderal Perkebunan Kementrian Pertanian. (jabarprov.go.id)