Uja: “PKS Emang Jagoannya Nolong Orang”

LIGUNG (PKSMajalengka) – Bencana banjir tak hanya terjadi di Jakarta. Banjir, kini juga kawasan utara Kabupaten Majalengka. Tepatnya di Desa Leuweunghapit Kecamatan Ligung dan Desa Loji Kobong Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka pada hari Kamis (20/02). Lokasi yang diterjang banjir diantaranya lahan pertanian sawah 125 ha, peternakan dan beberapa rumah penduduk di beberapa blok..
Sontak banjir tersebut mendapat perhatian kader PKS, akhirnya para kader dan beberapa Calon Anggota Legislatif (Caleg) PKS bersama-sama mengunjungi lokasi banjir di Desa Leuweunghapit Kec. Ligung dengan membawa bantuan makanan ringan untuk masyarakat pada Sabtu (22/02).
Moh. Dede salah seorang relawan banjir Ligung menyampaikan kepada koran ini kronologis banjir tersebut. Hujan besar dgn intensitas tinggi terjadi pada jum’at (21/02) jam 03.00 pagi sampe jam 06.0 WIB menyebabkan air meluap memasuki rumah warga.
“Hujan besar dgn intensitas tinggi terjadi pada jum’at (21/02) jam 03.00 pagi sampe jam 06.0 WIB,akibat hujan tersebut meluaplah air jam 10 siang. Nah, jam 11 Jalanan sudah tidak bisa dilalui kendaraan,. Ketinggian air mencapai puncaknya jam 4 sore sampai 125 centimeter dari badan jalan ke permukaan air, dirumah paling tinggi 30 cm.” Ujar Dede yang juga Caleg PKS dapil 4 tersebut.  
Selain itu, Dede menambahkan bahwa banjir tersebut diakibatkan ada tanggul yang jebol dan pendangkalan sungai.
“Banjir ini disebabkan tanggul di daerah loji kobong tetangga desa Leuweunghapit jebol, dan juga adanya pendangkalan sungai, padahal di daerah tersebut ada 2 sungai. Jarak sungai yang dangkal dengan yang satunya lagi hanya 800 meter, tapi itu sudah di normalisasi, tahun lalu langganan banjirnya disana” Ujar Caleg PKS dapil 4 tersebut.
Akibat banjir tersebut lalulintas di desa leuweunghapit terputus mulai jam 13.00 sampai  23.00 WIB pada Jum’at.
Data korban banjir yang kami terima, rumah terendam sekitar 450 unit di desa Loji Kobong, dan 155 unit rumah di desa Leuweunghapit.
Melihat banyaknya korban banjir Mo. Dede dan beberapa caleg PKS dapil 4, H. Dede Adhasim, Hj. Erni Iriani, Yanti Kurniasih berembuk untuk membantu korban banjir. Tak butuh waktu lama, Pada Sabtu (22/02) Caleg PKS tersebut didampingi kader lainnya datang memberikan bantuan berupa mie instan dan pengobatan gratis.
Uja salah seorang warga yang sudah melihat kerja PKS dari awal banjir langsung turun membantu warga. Menurutnya “Kader-kader PKS emang jagonya nolong orang.” ujar Uja yang juga mantan lurah blok tesebut singkat.
Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk masyarakat yang kena dampak banjir tersebut. (hms)