Selalu Ada Peluang Amal



 
حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا إِلَّا كَانَ مَا أُكِلَ مِنْهُ لَهُ صَدَقَةً وَمَا سُرِقَ مِنْهُ لَهُ صَدَقَةٌ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ مِنْهُ فَهُوَ لَهُ صَدَقَةٌ وَمَا أَكَلَتْ الطَّيْرُ فَهُوَ لَهُ صَدَقَةٌ وَلَا يَرْزَؤُهُ أَحَدٌ إِلَّا كَانَ لَهُ صَدَقَةٌ

"Tidaklah seorang muslim yg bercocok tanam, kecuali setiap tanamannya yg dimakannya bernilai sedekah baginya, apa yg dicuri orang darinya menjadi sedekah baginya, apa yg dimakan binatang liar menjadi sedekah baginya, apa yang dimakan burung menjadi sedekah baginya, & tidaklah seseorang mengambil darinya, melainkah ia menjadi sedekah baginya." [HR. Muslim No.2900].

Menjadi luar biasa ketika kita memikirkan manajemen harta dalam islam. Dari sudut mana orang memandang, selalu ada kebaikan baik dalam kondisi untung bahkan ketika dilanda kerugian.

Hadits diatas adalah salah satu dari sekian banyak hadits yang menjelaskan keindahan konsep Islam dalam manajemen hati dan harta. Dalam Islam keuntungan yang diperoleh  dengan cara yang baik maka bernilai sedekah, bahkan kerugian seorang muslim dalam usahanya bisa bernilai ibadah.

Memahami sedekah dengan memberikan harta kepada orang lain adalah tafsir umum yang kita pahami dan mudah diterima oleh hati. Namun ketika harta itu dicuri baik oleh manusia, binatang atau bahkan direnggut bencana alam, maka tidak banyak orang yang mampu memahaminya sebagai lorong ibadah dengan kategori sedekah, dan sangat tidak mudah diterima oleh hati.

Banjir adalah salah satu pencuri ulung tahunan bagi masyarakat ibu kota khususnya dan beberapa daerah di Indonesia pada umumnya. Ia menjadi sebab kerugian bagi para pengusaha baik dipasar tradisional, pasar swalayan bahkan pasar modal.

Namun dibalik itu semua, ada maksud Allah untuk mengetahui seberapa besar perbandingan cintanya kepada Rabbnya dan kepada harta yang dititipkan padanya. Harta yang bisa ia selamatkan untuk diri dan keluarganya maka bernilai sedekah baginya, dan yang Allah hanyutkan diluar kuasa mereka untuk menyelamatkannya ia juga tetap bernilai sedekah.

Banjir adalah kiriman Allah sebagai peluang amal bagi hambanya yang bersabar, dan juga peluang amal bagi saudara mereka yang turut membantu dan berkomitmen dalam syiar “Kami Tetap Melayani”.


*By: Muhammad Hasan Hidayatulah
(Panitia Pembangunan Resort Tahfdz Kepulauan Riau)

1 Response to "Selalu Ada Peluang Amal "