Aher Rayakan Hari Ibu Bersama Pemulung


Bandung - Minar Mintarsih (46 tahun) yang berprofesi sebagai pemulung sepanjang hidupnya tak pernah sekalipun mendapat ucapan selamat Hari Ibu. Namun, Minggu, 22 Desember 2013, yang bertepatan Hari Ibu ke-58, benar-benar menjadi hari spesial baginya.

Hari Ibu bagi perempuan tangguh berputra lima orang ini istimewa karena yang memberi selamat Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher). Momen langka ini terjadi di tengah ruas jalan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day, CFD) Jl Djuanda, Dago, Kota Bandung Minggu.

Aher menuju CFD Dago memakai sepeda dari kediaman dinas di Istana Negara Pakuan. Usai mengayuh sepeda sekitar 15 menit, Gubernur bergabung dengan ribuan warga yang memadati Jalan Dago.

Warga yang mengetahui kehadiran Jabar 1 berebut menjabat tangan dan berfoto. Aher-pun melayani satu demi satu. Sebagai wujud penghargaan atas peran kaum perempuan, Gubernur membagikan bunga mawar kepada para ibu.

"Selamat Hari Ibu ya," tutur Aher.

Aher yang memberi ucapan langsung kepada para ibu dan kaum perempuan disambut meriah. "Terima kasih Kang Aher," ujar beberapa ibu yang berebut bunga yang dibagikan Aher.

Aher sempat menghampiri Minar Mintarsih yang tengah duduk di tembok pembatas tengah jalan. Minar tengah beristirahat sejenak saat karung rongsokannya hampir terisi setengah.

"Ibu sedang apa?" kata Aher seraya duduk di samping Minar. Pemulung yang mengenali Heryawan, gubernurnya, tersekat menjawab pertanyaan. Istri Asep Syaeful (43 tahun) yang juga pemulung, sama sekali tak menduga Aher menghampirinya.

Namun, tak lama kemudian, pemulung yang berdiam di Jl Kebon Bibit Barat Belakang, Tamansari, Kota Bandung, akhirnya bercakap santai dengan Aher. Perempuan asal Kabupaten Cianjur ini menjawab lancar pertanyaan.

Mengakhiri silaturahmi singkatnya, Aher mencatat alamat Minar Mintarsih. Gubernur mencatat data pemulung itu untuk diproses sebagai salah seorang penerima program renovasi Rumah Tinggal Tidak Layak Huni (Rutilahu).

"Kita ikutkan program Rutilahu agar keluarga ibu Minar menempati rumah yang layak," ungkap Aher, yang bertindak setelah mendengar cerita kehidupan Sang Pemulung.

Memanfaatkan pengeras suara kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan senam, Gubernur Heryawan menyapa hadirin. Secara khusus, Aher memberi ucapan selamat Hari Ibu.

"Kita semua wajib berterima kasih kepada para ibu. Tanpa kaum ibu, kita tak berarti apa-apa. Karenanya, kaum ibu harus senantiasa kita cintai dan hormati," ujar Aher, yang berada di ruas jalan CFD Dago sekitar satu setengah jam. [ito/inilah]


*HrS* :: PKS PIYUNGAN