Aher : Mulai Juli 2013, SMA di Jabar Gratis


Isu pendidikan gratis bagi siswa yang sekolah di tingkatan SMA/SMK dan MA sederajat tampaknya benar-benar akan terbukti. Hal itu terungkap setelah ada kepastian dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat menemui ratusan warga Ciawigebang, Kamis (17/1/2013).
“Ada anggaran sebesar 1,2 juta untuk diberikan kepada setiap siswa SMA. Artinya, mudah-mudahan per Juli 2013 ini sekolah di tingkatan SMA sudah bisa digratiskan. Nanti terlepas siapa saja Gubernurnya, program ini pasti jadi. Tapi yang jelas ini program Aher,” ujar Aher, panggilan Ahmad Heryawan didepan ratusan warga Ciawi yang berkumpul di kediaman pengusaha HO Furqon.
Terpisah, menanggapi informasi tersebut, salah seorang warga Ciawigebang, Tatang, saat dimintai komentarnya oleh Kuningan News di lokasi yang sama, sangat menyambut baik program brilian tersebut.
“Kalau memang program sekolah gratis untuk SMA di seluruh Jawa Barat ini benar-benar nanti terbukti, saya atas nama orang tua siswa sangat salut kepada Pak Gubernur. Kami berharap mudah-mudahan saja informasi ini bukan informasi yang semu tanpa bukti,” harapnya.
Dalam kesempatan itu, Aher juga memaparkan program lainnya menyangkut ekonomi perdesaan. Ia juga memastikan per desa akan memperoleh bantuan sebesar Rp100 juta per tahun. Selain itu, Aher yang dalam Pilgub berpasangan dengan artis senior Deddy Mizwar ini juga bertekad untuk mensejahterakan petani dengan memberikan bantuan traktor secara bertahap kepada sekitar 5000 Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) se-Jawa Barat.[HrS]