Pelayanan Kesehatan Tahun 2012 Belum Optimal


Asep Saepudin, ST
Caleg DPRD Majalengka dapil 4 
MAJALENGKAPengelolaan Jamkesmas dan Jamkesda semestinya menjadi salah satu simbol programpro rakyat miskin. Namun hingga hari ini, masih banyak masyarakatmiskin yang belum terdata sebagai peserta Jamkesmas dan Jamkesda. Oleh karena itu,Anggota FPKS yang juga Anggota Komisi D DPRD Majalengka Asep Saepudin, ST memandang ada persoalan lemahnya manajerial dalam hal ini.

Iapun menyebutkan, berdasarkan dokumen KUA tahun 2012 bahwa sasaran prioritas program dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat salah satunya adalah meningkatnya pelayanan kesehatan bagi masyarakat sebesar 100%  dan meningkatnya status gizi keluarga, bagi bayi gizi buruk dengan cakupan 100%. Kemudian meningkatnya pembiayaan kesehatan bagi masyarakat miskin di 31 pelayanan kesehatan dasar dan 2 pelayanan kesehatan rujukan, sebanyak 308.420 jiwa penduduk miskin serta meningkatnya keluarga mandiri ber PHBS sebesar 70%.

“Akan tetapi,fakta dilapangan  harus diakui bahwa pelayanan kesehatan pada tahun 2012 belum optimal,  hal ini tercermin dari beberapa kasus yang terjadi dimasyarakat banyak warga masyarakat yang tidak dilayani dengan baikbahkan Jamkesda yang sudah dialokasikan pun tidak cermat pemanfaatannya sehingga baru beberapa bulan telah habis, sementara banyak warga masyarakat yang membutuhkan pelayanan  kesehatan”tandasnya.

Oleh karena itu, ia menegaskan agar permasalahan ini menjadi bahan evaluasi yang serius bagi Pemkab agar layanan kebutuhan dasar kesehatan bagi masyarakat dapat terpenuhi secara merata. **(Aeni)