Kolaborasi Nurhasan Zaidi dan Yayah Qomariah dalam Program Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar dari BRIN

 



Kolaborasi bersama BRIN wujudkan
masyarakat berkemajuan dan sejahtera
melalui pelatihan budidaya ikan
air tawar

Majalengka - Anggota DPR-RI Nurhasan Zaidi dan Anggota DPRD Majalengka Dapil 3 Yayah Qomariah menjalin kerjasama dalam program pelatihan “Budidaya Ikan Air Tawar” yang diadakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), pada Senin, 17/10/2022.


Dihadiri ratusan peserta dari kalangan
peternak, pembudidaya ikan dan
masyarakat umum Dapil 3 Majalengka

Kegiatan ini merupakan program dari BRIN yang bertujuan untuk mengembangkan potensi masyarakat di desa, agar dapat mengembangkan bisnis melalui budidaya perikanan berbasis kearifan lokal.


Pemberian doorprize menarik yang diserahkan
oleh Nurhasan Zaidi dan Yayah Qomariah
kepada peserta 

Nurhasan Zaidi menuturkan: “Daerah Palasah, Sumber Jaya, Leuwimunding, Rajagaluh dan Sindangwangi memiliki banyak potensi di antaranya pertanian dan perikanan.”


Bersama peneliti madya dari BRIN
peserta dikenalkan ragam jenis ikan budidaya 
berkualitas, unggul dan bernilai tinggi

Selama pelatihan, ratusan peserta yang berasal dari mayoritas masyarakat Majalengka Timur ini mendapat kesempatan untuk mengetahui ragam jenis ikan yang berkualitas dan memiliki nilai jual tinggi. Selain itu peserta didampingi membahas tentang kualitas air, manajemen pakan, pemanfaatan limbah kotoran ikan untuk tanaman (Yumina Bumina) hingga praktek menyuntik induk ikan agar siap pijah.


Praktek menyuntik ikan 
agar siap pijah

Yayah Qomariah mendukung serta mengapresiasi kegiatan ini, dengan hadirnya pelatihan budidaya ikan diharapkan minimal kebermanfaatan dapat dirasakan oleh masing-masing peserta guna kesejahteraan keluarga, menambah pendapatan dan umumnya dapat dibagikan kepada sesama masyarakat sekitar.


Yayah Qomariah bersama peserta menyimak
secara antusias saat praktek bersama narasumber BRIN

Dengan menggabungkan metode tradisional dan riset inovasi maju, pelatihan ini dilakukan sebagai upaya untuk membantu para peternak atau pelaku pembudidaya ikan air tawar agar dapat berkemajuan dan mandiri.

Yayah Qomariah menyapa peserta pelatihan
saat coffe break di Fitra Hotel

Harapannya setelah mengikuti pelatihan, peserta bisa membuat pakan secara mandiri dalam budidaya ikan air tawar, maju bersama, wujudkan kemandirian pangan daerah hingga nasional. (Humas)


0 Response to "Kolaborasi Nurhasan Zaidi dan Yayah Qomariah dalam Program Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar dari BRIN"

Posting Komentar