PKS: Deklarasi Koalisi dengan Gerindra Dilaksanakan Pekan Ini

Capres Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden PKS Anis Matta telah mengadakan pertemuan di Kantor DPP PKS. PKS menyatakan akan mendeklarasikan arah koalisinya kepada Gerindra pada pekan ini.

"Pertemuan tadi membahas perkembangan koalisi dan persiapan deklarasi. Rencananya deklarasi koalisi PKS dengan Gerindra akan dilakukan pekan ini, sebelum pendaftaran capres-cawapres ke KPU," tutur Ketua DPP PKS Mardani Ali Serra kepada detikcom, Kamis (15/5/2014).

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Suhardi pada Rabu (14/5) menyatakan deklarasi cawapres untuk Prabowo akan dilaksanakan antar 18 atau 19 Mei 2014 alias saat hari pendaftaran ke KPU.

Mardani melanjutkan, pertemuan yang berlangsung pukul 14.00 WIB siang tadi dihadiri oleh Anis Matta, Anggota Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid, dan Prabowo. Dalam pertemuan tersebut, PKS ingin agar keputusan soal cawapres Prabowo bisa dibahas bersama dengan seluruh mitra koalisi.

"Meski dari awal PKS tak ingin transaksional, tetapi PKS menyatakan kalau Pak Prabowo melihat ada kader potensial, maka kita siap memberikan," tutur Mardani. Baca juga, Sepakat Berkoalisi, PKS Ajukan 28 Syarat ke Partai Gerindra

PKS masih mempunyai tiga capres Pemiranya, yakni Anis, Hidayat Nur Wahid, dan Ahmad Heryawan. Rencananya, Majelis Syuro PKS akan memutuskan satu nama dari tiga nama itu, akhir bulan ini.

"Akhir Mei ini akan ketahuan satu namanya siapa. Akan ada konpres akhir Mei ini," kata Mardani.[dtk/dm/pksnongsa.org]